Sejarah


Sesuai dengan visi Fakultas Hukum UGM yang mengatakan Fakultas Hukum UGM menjadi fakultas berbasis penelitian yang kompetitif bertaraf internasional, tentu mendukung berdirinya komunitas karya tulis. Karya tulis ilmiah yang dihasilkan akan lebih berkualitas dikarenakan dasar penelitian yang memadai. Diperkuat dengan Misi Fakultas Hukum UGM yaitu menyelenggarakan penelitian dan pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas, komunitas ini sebagai bentuk pencapaian misi itu sendiri. Jadi dapat dikatakan, terbentuknya komunitas karya tulis didasarkan oleh visi dan misi Fakultas Hukum UGM.

Berlandaskan hal-hal di atas, pada tanggal 6 Juli 2014 terbentuklah sebuah komunitas yang bernama Forum Penelitian dan Penulisan Hukum Palapa Universitas Gadjah Mada (FPPH Palapa UGM). Berawal dari 7 orang yang berpengalaman bidang penulisan yaitu Randy Taufik, S.H., Nadhil Afiq, James Peter Nico Christian Paath, Riri Lastiar Situmorang, Maria Noviarta Sidabutar, Gabriel Cahya Anugrah dan Faiz Rahman, berusaha membangun FPPH Palapa UGM dengan proses yang cukup panjang. Segala proses seperti rapat antar anggota, rapat bersama Bli Tody Sasmitha Jiwa Utama S.H., LL.M., Dosen bagian Hukum Adat yang selanjutnya dalam periode kepengurusan pertama FPPH Palapa UGM menjabat sebagai Pembina, rapat bersama Bapak Dr. Sulastriyono, S.H., M.Si., Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Pengumuman dan Tukar Pendapat dengan Lembaga Otonom/Lembaga Semi Otonom/Komunitas Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada maupun Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Pembuatan Logo FPPH Palapa UGM, dan melaksanakan Musyawarah Besar sebagai peresmian terbentuknya FPPH Palapa UGM.

Pada intinya, semangat membentuk FPPH Palapa UGM adalah berusaha menghadirkan sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk belajar perpikir kritis dan ilmiah melalui budaya diskusi serta mencari jawaban atas permasalahan yang terjadi di Indonesia dengan kajian ilmiah. Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam FPPH Palapa pun akan lebih dikosentrasikan kepada diskusi dan pelatihan penulisan. Adapun perlombaan yang diikuti merupakan sebuah cara untuk mempraktikkan pelatihan penulisan dan menerapkan kerangka berpikir yang dilatih melalui diskusi.